Sabtu, 30 Juni 2012

Tips Menyetel Sadel Sepeda Gunung Yang Tepat

Tips ini bertujuan agar energi dan tenaga Goweser ketika menganyuh sepeda tidak terbuang percuma. Hal satu ini turut menentukan optimalnya bersepeda, efeknya sangat terasa ketika kita melakukan perjalanan bersepeda dengan jarak tempuh menengah maupun jauh, termasuk ketika menghadapi trek yang berkontur menanjak.


Energi dan tenaga Goweser ketika melewati trek menanjak (climb) banyak terkuras, apalagi ketika kita tidak mendapatkan kayuhan optimal akibat setelan sadel atau seatpost yang juga kurang pas.

Inilah mengatur ketinggian Sadel atau Seat Post :
Sebelum kita menghadapi trek tanjakan. Usakan ketinggian sadel pada posisi maksimum kayuhan anda.
1) Ukur panjang kaki Goweser dengan meteran dengan tujuan memperoleh hasil yang akurat, tarik meteran dari telapak kaki hingga pangkal selangka.

2) Kemudian ukur panjang Pedal (Crank), misal panjang kaki 75cm dan panjang pedal 25cm total adalah 95cm.

3) Tarik keatas meteran dari poros BB (Buttom Bracket) hingga sadel, sesuaikan ketinggian sadel dengan ukuran yang sudah anda peroleh. Ukuran tersebut merupakan titik maksimum ketika kaki kita mengayuh sepeda.

4) Jika terasa kurang nyaman kurangi ketinggian seatpost, yang harus tetap diingat bahwa posisi kaki haruslah hampir lurus ketika anda naik diatas sadel dan telapak kaki dipedal arah pedal jam enam (180 derajat).

Sumber : gowes.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar