Sabtu, 30 Juni 2012

Tips Memilih Setang Sepeda Gunung Yang Pas Buat Anda

Sumber Gambar : bbkkcyclingclub.blogspot.com
TIPS SINGKAT MEMILIH HANDLEBAR, khsusnya untuk sepeda gunung (MTB), tujuan penulisan posting ini diantaranya guna menambah wawasan kita tentang jenis dan fungsi handlebar.


Setang lurus (Flat Handlebar) vs Setang Bengkok (Rise Handlebar) Manakah yang lebih cocok dengan selera dan tipe bersepeda Anda?

Flat Handlebar (stang lurus) dengan rise handlebar (stang melengkung) punya karakteristik dan kegunaan sendiri-sendiri. Artinya, yang satu tak lebih baik dari yang lain.

Untuk memutuskan handlebar mana yang akan dipilih (berkaitan dengan posisi dan postur pengendara di atas sepeda) ada baiknya kita simak 3 hal berikut:

Flat handlebar akan membuat posisi pengendara relatif membungkuk sehinga berat tubuhnya sedikit bergeser ke depan dari center of- gravitynya. Posisi sedikit membungkuk ini paling ideal untuk mengejar speed serta mempertahankan kestabilan sepeda.

Rise handlebar, posisi tubuh pengendara akan jadi lebih tegak. Bahkan jika menggunakan stem pendek badan bakal bertambah tegak lagi. Makin tegak tubuh, titik gaya berat akan bergeser ke belakang. Bahkan bisa melampaui center of gravity (biasanya berada di seputar bottom braket).

Posisi ini ideal untuk mengoptimalkan handling dan kontrol pada kemudi, terutama di medan turunan tajam dan berkecepatan tinggi. Rise handlebar memiliki kemampuan meredam getaran yang lebih baik dibanding flat handlebar. Kemampuan meredam getaran ini sangat penting untuk membantu mengurangi rasa lelah pada lengan akibat buzzing saat melewati medan off-road.

Rise handlebar lazim dipergunakan untuk sepeda all mountain, long travel XC, maupun sepeda Downhill dan Freeride. Makin ekstrem lintasan yang akan dilalui, biasanya makin besar juga ukuran (derajat) rise yang dibutuhkan.

Flat handlebar lebih banyak dipakai pada sepeda jenis cross-country (race) yang membutuhkan kecepatan tinggi dan tingkat rigiditas tinggi begitu melahap tanjakan. Well, semakin jelas bukan, peruntukan masing-masing handlebar tersebut (flat bar dan rise bar).

So, Anda kini bisa menentukan seperti apa gaya bersepeda Anda disesuaikan dengan trek yang Sobat lalui, lalu coba sesuaikanlah dengan tipe handlebar yang akan Sobat cyclist gunakan sesuai dengan TIPS MEMILIH HANDLEBAR SEPEDA MTB ini.

Sumber : thingsbike.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar