Sabtu, 30 Juni 2012

Anatomi Sepeda Gunung

 Anatomi biasanya lebih dikenal dalam istilah biologi. Dalam pelajaran biologi kita dikenalkan dengan istilah Anatomi tumbuhan, Anatomi tubuh manusia. Begitupun disini kita mengenal istilah anatomi Sepeda Gunung.


Anatomi sepeda gunung berarti susunan atau struktur pembentuk sepeda gunung. Sepeda gunung terdiri dari berbagai alat yang disusun sehingga terwujud sepeda gunung secara utuh.

Mari kita mengenal anatomi sepeda gunung, sebagai berikut :


1. top tube
2. sadle
3. seatpost
4. seatstay
5. seatclam
7. cassete,
8. rear derailleur (rd)
9. chainstay
10. chainring/crankset
11. pedals
12. downtube
13. spoke
14. rim
15. hub,
16. front diskbrake
17. tire
18. fork
19. headtube
20. brake lever
21. shifter
 22. handlebars & stem

Sepeda mtb digolongkan menjadi 2 type, yakni hard tail (ht) dan full suspension (fs). disebut hard tail karena memang “ekornya” keras tanpa adanya shock. Beda dengan sepeda full suspension yang memiliki rear shock sehingga bisa terasa lembut.

Pada umumnya hard tail dipergunakan untuk trek xc, dirtjump, dan free ride. sedangkan fulsus dipergunakan di trek all mountain dan downhill. meskipun demikian, penggunaan hard tail untuk trek downhill meski tidak lazim kerap dijumpai pada beberapa kejuaraan mtb.

Bisa jadi ini dimaksudkan untuk menaikan tingkat kesulitan karena penggunaan hard tail pada trek downhill sangat membutuhkan skill tinggi dari ridernya. menggunakan sepeda fulsus untuk melibas trek light xc akan terasa lebih berat dan melelahkan.

Pengecualian pada beberapa produsen sepeda fulsus yang telah berhasil menciptakan sepeda fulsus seringan dan senyaman hardtail, sehingga efek bobbing yang biasa dijumpai pada sepeda fulsus dapat diminimalisir. sebut saja satu giant anthem, my another dream bike setiap frame baik ht maupun fs memiliki ukuran tertentu dengan satuan inchi.

Biasanya yang menjadi patokan ukuran adalah panjang seattube dan/atau toptube. namun ada pula produsen sepeda yang telah menggolongkan frame mereka ke ukuran s, m, dan l. masing - masing ukuran tersebut memiliki tabel geometri tertentu dan biasanya bisa dilihat pada website mereka.

Sumber : kumpulanberita.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar