Sabtu, 30 Juni 2012

Manfaat Bulhorn Pada Setang Sepeda Gunung

Kali ini kita akan mengulas fungsi dari sebuah Handle Bar, sebuah besi yang terpasang disisi kakan dan kiri Setang Kemudi yang menyerupai tanduk atau lebih sering disebut Bullhorn.

http://threadspot.com/wp-content/uploads/2010/09/Cinelli-MASH-Track-Bike-Frameset-1.jpg
Sumber : gowes.org
Sumber : gowes.org
Pada umumnya Handle Bar atau Bullhorn dipasang di MTB Hardtrail dan Hybrid. Para Goweser menggunakan Bullhorn bertujuan untuk memberikan variasi jenis peganggan ketika berkendara dan dapat mengatur posisi tubuh ketika bersepeda.

Bullhorn juga dapat meningkatkan kenyamanan bagi pengendara karena posisi tangan yang netral (telapak tangan ke dalam). Posisi tangan yang nyaman memberikan efek lebih rileks pada ketegangan otot tangan ketika gowes.

Bullhorn atau Handle Bar mulai populer di awal 1990-an, mulai ditinggalkan ketika akhir tahun 1990-an. Dalam beberapa kasus, Bullhorn menyulitkan rider ketika melintas medan yang berkelok, penggunaan Bullhorn yang terlampau panjang juga dapat mengganggu kenyamanan ketika melintas di medan Cross Country yang banyak pepohonan.

Kesimpulan dari MANFAAT PENGGUNAAN BULLHORN adalah:
1) Memberikan kenyamanan tersendiri ketika menemui trek tanjakan

2) Memungkinan tubuh untuk bernafas lebih nyaman, karena bagian atas tubuh terbuka

3) Beberapa model Bullhorn dapat melindungi tangan anda ketika jatuh (posisi tangan normal)

4) Membantu mencegah kelelahan (fatigue) dengan menawarkan lebih banyak variasi posisi tangan

5) Sedikit banyak membantu menambah kecepatan, karena posisi pengendara menjadi lebih menunduk. Selain memberikan beberapa manfaat, penggunaan Bullhorn dalam kondisi-kondisi tertentu ternyata juga disinyalir memilik kekurangan, seperti ketika melakukan pengereman mendadak, karena pengendara harus memidah posisi tangan sehingga sepeda tidak berhenti seketika.

Selanjutnya kami simpulkan KEKURANGAN PENGGUNAAN BULLHORN sebagai berikut:
*) Jika menggunakan Flatbar berbahan Carbon, resiko setang kemudi patah sangat besar
*) Bullhorn yang banyak beredar di pasaran memakan kurang lebih 1Inch handlebar, jika anda Goweser yang memiliki bahu yang lebar tentunya penggunaan Bullhorn sedikit mengganggu kenyamanan
*) Peningkatan resiko cidera ketika crash, posisi tangan pada bar ends. Sebuah alat diciptakan pasti memiliki tujuan dan manfaat yang hendak dicapai, meski demikian tetap saja terkadang ada efek negatif yang ditinggalkannya.
Setelah memahami MANFAAT DAN EFEK NEGATIF BULLHORN
manfaatkanlah Bullhorn secara bijak.
Sumber : gowes.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar