Senin, 09 Juli 2012

Protes Pencemaran Alam, Bersepeda Bugil

Tigapuluhan orang bersepeda telanjang dari Wageningen ke Arnhem di Propinsi Gelderland, Sabtu. Mereka menyemarakkan gerakan World Naked Bike Ride. Bersepeda bugil tanpa busana itu meminta perhatian akan masalah kepadatan kendaraan roda empat dan dampak pencemaran lingkungan terhadap manusia dan alam.
  
Pihak penyelenggara di Gelderland melaporkan aksi lancar tanpa gangguan sepanjang perjalanan. "Cuacanya sangat bagus dan tanggapan publik positif," ungkap juru bicara. Sebagian besar peserta di Gelderland ini telanjang bulat. Beberapa di antaranya menutupi bagian fital dengan body painting atau cat tubuh. Pekan lalu juga digelar aksi serupa di Amsterdam.
  
Gagasan The World Naked Bike Ride muncul pertama kali di Zaragoza Spanyol tahun 2001. Sekarang aksi sepeda telanjang itu sudah menjalar sampai ke 80 kota dunia. Belanda ikut berpartisipasi sejak 2004.

Sumber : rnw.nl

Sumber lain yang diambil dari berita2.com memberitakan sebagai berikut.
berita2.com (London, Inggris): Ribuan warga Inggris melakukan aksi massa  dengan cara bersepeda tanpa busana. Selain bersepeda telanjung, ada juga yang menggunakan sepatu roda dan berjalan kaki bugil.






Aksi yang dilakukan pada Senin 13 Juni 2011 itu memprotes penggunaan bahan  bakar berlebihan sehingga menyebkan polusi udara, serta ketergantungan  kendaraan.










Di anatar mereka ada yang menutupi kelamin dan payudara dengan cat. Para pengunjuk rasa bersepeda hingga 14 kilometer di seluruh London, Inggris. Aksi mereka dilakukan mulai dari Hyde Park dan melewati Buckingham Palace.










Unjuk rasa bernama London World Naked Bike Ride 2011 itu telah dilakukan selama delapan kali berturut-turut. Acara serupa juga dilakukan di kota-kota  lain di Amerika Serikat, seperti Cardiff, Ottawa, dan Toronto. Selain itu,  Chile dan Yunani juga ikut serta dalam aksi tersebut. Diperkirakan, lebih dari ratusan ribu orang di seluruh dunia berpartisipasi dalam berlangsungnya acara aksi masa untuk alam itu.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar